notethicsbutbutchery.blogspot,com adalah situs yang memebrikan iformasi mengenai manfaat buah-buahan dan tanaman yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Jumat, 06 April 2018

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan - Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C. Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. 

Warna daging jambu biji yang merah mengidikasikan jambu biji kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata dan antioksidan. Buah jambu biji sangat cocok sekali dikonsumsi di siang hari karena buahnya yang segar dan mendinginkan badan. Kandungan gizi pada buah jambu biji ini seperti, asam pantotenat, air, zat besi, crypto-xanthin, elektrolit, energi, folates, fosfor, vitamin A, C, E, K, kalium, kalsium, karbohidrat, magnesium, mineral, natrium, protein, dan masih banyak lagi. Buah jambu biji juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, seperti :

Berikut Adalah Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan :

  • Mengobati Flu dan Batuk
Vitamin C yang tinggi mempunyai funsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan dapat mengurangi lender ditenggorokan, membunuh virus dan mikroba, serta melegakan pernapasan pada penderita flu.
  • Mengobati Kanker dan Penyakit Jantung
kandungan antioksidan seperti zat kalium dan likopen yang tinggi berfungsi untuk mengendalikan tekanan kolesterol dalam darah. Dan juga dapat menghambat pertumbuhan sel – sel kanker, seperti kanker rongga mulut, tenggorokan, usus, serta dubur.
  • Buah untuk Diet
Buah jambu biji juga dapat dijadikan alternative buah saat melakukan program diet. Karena mengandung serat dan protein yang sangat tinggi dan tanpa kolesterol sehingga anda akan merasa cepat kenyang tanpa harus mengorbankan program diet anda. Selain itu, buah jambu biji juga mempunyai kemampuan untuk membersihkan sistem pembuangan dalam usus.
Selain buahnya, daun buah jambu biji juga mempunya manfaat seperti :
  • Mengobati Diare
Caranya pun juga cukup mudah, hanya dengan mengunyah tiga lembar daun biji muda yang masih segar serta menambahkan sedikit garam. Lakukan dua hari sekali sampai diare sembuh.
  • Mengobati Obat Luar
Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun jambu biji hingga halus dengan sedikit air, lalu tempelkan pada daerah yang mengalami luka sayatan atau memar. Daun jambu biji akan mencegah terjadinya infeksi pada luka serta mengurangi peradangan sehingga luka akan cepat mengering dan sembuh serta bekas luka juga akan cepat hilang.
  • Mengobati Sariawan
Caranya adalah dengan merebus enam lembar daun jambu biji muda dan dua lembar daun sirih dalam tiga gelas air. Setelah air kira-kira tinggal tersisa dua gelas, maka diamkan hingga dingin, saring,  lalu gunakan untuk berkumur.


Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar