notethicsbutbutchery.blogspot,com adalah situs yang memebrikan iformasi mengenai manfaat buah-buahan dan tanaman yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Jumat, 06 April 2018

Manfaat ASI untuk Kesehatan Anak dan Keluarga

Manfaat ASI untuk Kesehatan Anak - Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan satu-satunya untuk bayi saat terlahir dimuka bumi ini. Asupan makanan dan gizi yang sangat banyak dalam ASI, membuatnya menjadi alesan setiap dokter ataupun pakar kesehatan untuk merekomendasikan memberikan ASI dibandingkan dengan susu formula. Bahkan banyak sekali produk susu formula yang terus meningkatkan gizinya supaya sama dengan gizi yang terkandung dalam ASI. 

Ini membuktikan, bahwa ASI adalah asupan yang sangat tinggi gizinya untuk perkembangan bayi. Karena ASI memiliki kandungan seperti, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, zat besi, dan dilengkapi dengan pelindung immunoglobumin, lekosit, laktoferin, faktor bifidus, lisozim dan taurin. Juga kandungan asam lemak esensial, docosahexaenomic acid DHA dan arachidonic acid AA yang berperan dalam pertumbuhan otak. Banyak sekali manfaat untuk kesehatan, seperti :

Berikut Adalah Manfaat ASI untuk Kesehatan :

  • Mencerdaskan dan Menyehatkan Bayi
ASI mengandung komposisi gizi yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak bayi, uji klinis telah membuktikan bahwa bayi yang dibesarkan dengan ASI, IQ-nya (Intellegencia Quotient) lebih tinggi.
  • Mencegah Kuman dan Alergi
Kolostrum membantu kematangan saluran pencernaan bayi agar berfungi lebih efektif sehingga kuman dan zat alergi sulit masuk ke tubuh bayi.
  • Menjadi Menambah Kekebalan Tubuh
Kolostrum mengandung zat imunitas terutama immunoglobulin (IgA) yang bisa melindungi terhadap banyak infeksi, seperti selaput paru-paru, usus, dan tenggorokan. IgA juga mencegah diare pada bayi, karena bisa menambal lubang pada usus bayi yang belum terbentuk secara sempurna.
  • Mengandung Nutrisi Lengkap
ASI diketahui sangat kaya akan vitamin A dan E yang membantu melindungi mata dan mengurangi infeksi. ASI juga mengandung mineral, zat besi, vitamin B6, B12, C, D, dan K. Kombinasi zat natrium, kalium, dan kolesterolnya juga ampuh untuk perkembangan jantung, otak serta sistem saraf pusat bayi. Menjadikan bayi menjadi lebih kuat akan penyakit.
  • Menghemat Keuangan
Karena dengan adanya ASI kita tidak perlu membeli susu formula untuk memberikan asupan gizi pada bayi. Jadi hal itu dapat menghemat keuangan, dan dapat digunakan untuk kepentingan lainnya.
  • Menjalin Kebersamaan
Melalui proses menyusui, pendekatan intim antara bayi dan ibu, lebih mudah menumbuhkan IQ bayi dalam kepercayaan diri sendiri maupun orang lain. Dan kedekatan yang terjalin akan lebih dekat.
  • Kesehatan untuk Ibu
Dengan memberikan ASI terhadap bayi, ibu juga dapat terbebas dari pendarahan setelah melahirkan, memulihkan kesehatan, menunda kehamilan. Menyusui setelah melahirkan juga dapat mempercepat pemulihan kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan menderita osteoporosis (keropos tulang) setelah masa menopause. Menurut statistik, menyusui juga mengurangi kemungkinan terkena kanker indung telur dan kanker payudara dalam masa menopause. Dan menjadi kepuasan serta kebahagiaan ibu tersendiri saat memberikan ASI pada bayi. 

Mengingat akan tingginya manfaat yang terkandung dalam ASI untuk bayi, maka para dokter memberikan saran untuk memberikan ASI sesegera mungkin pada hari-hari pertama pasca melahirkan. Dan untuk menjaga ASI supaya tetap lancar, ibu juga dianjurkan untuk mengkonsumsi daun katuk yang mempunya fungsi memperlancar ASI. Semoga bermanfaat untuk para calon Ibu – ibu muda.

Manfaat ASI untuk Kesehatan Anak dan Keluarga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar